5 Cara Tepat Memilih Jam Tangan Anak

Comment

Fashion
Cara Tepat Memilih Jam Tangan Anak

Tidak hanya orang dewasa saja yang bisa memakai jam tangan. Anak-anak juga telah banyak yang memakai jam tangan. Jam tangan anak bukanlah hiasan semata namun juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran agar anak bisa membaca jam.

Jika Anda adalah orangtua yang ingin membelikan jam tangan untuk buah hati Anda, Anda sebaiknya tidak memilih secara sembarangan. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam memilih jam tangan anak.

1. Hindari memilih jam tangan logam

Dalam memilih jam tangan untuk anak, sebaiknya orangtua tidak membelikan jam tangan yang berbahan dasar logam. Pilihlah jam tangan dengan bahan dasar karet, silikon, plastik, atau perpaduan dari bahan-bahan tersebut.

Jam tangan yang terbuat dari logam sangat mungkin membuat kulit anak mengalami iritasi. Hal ini dikarenakan kulit anak lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Dengan memilih jam tangan yang terbuat dari bahan non-logam, Anda telah membuat si kecil merasa nyaman ketika memakai jam tangan.

2. Fitur water resistant

Perhatikan juga fitur yang ada dalam jam tangan tersebut. Ada jam tangan yang memiliki fitur anti air, ada juga yang tidak. Harganya juga tidak jauh berbeda. Untuk itu, lebih baik Anda memilih jam tangan yang dilengkapi dengan fitur anti air atau water resistant.

Fitur ini akan membuat jam tangan yang dikenakan oleh buah hati Anda lebih awet. Jam tangan bisa dipakai dalam kondisi apapun, baik panas maupun hujan. Anak juga tidak perlu melepas jam tangan ketika hendak cuci tangan atau mandi. Dipakai untuk hujan-hujanan pun tidak akan masalah.

3. Sesuaikan ukuran dan bobot

Yang keempat, sesuaikan ukuran jam tangan dengan ukuran lengan anak Anda. Jangan sampai salah memilih jam tangan yang berukuran lebih besar. Jam tangan yang berukuran lebih besar akan membuat anak merasa tidak nyaman.

Selain ukuran yang sesuai dengan lingkar lengan, jam tangan anak juga sebaiknya juga tidak terlalu berat. Jam tangan yang terlalu berat juga akan membuat anak merasa tidak nyaman. Padahal, kenyamanan adalah faktor utama agar anak betah memakai jam tangan dalam keseharian.

4. Pertimbangkan memilih jam tangan analog

Sebagai orangtua, Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jam tangan analog. Kenapa? Dengan memakai jam tangan analog, anak akan belajar cara membaca jam. Karena dipakai setiap hari, anak akan semakin terbiasa sehingga mahir membaca jam.

Namun juga tidak ada salahnya memilihkan jam tangan digital anak Anda. Mungkin saja Anda memiliki pertimbangan lain yang lebih relevan.

5. Biarkan anak menentukan pilihannya

Yang terakhir, kembalikan keputusan memilih jam tangan kepada anak Anda. Pada akhirnya, jam tangan tersebut akan dipakai oleh si anak. Orangtua hanya memberikan pertimbangan atau pilihan saja. Biarkan anak belajar memutuskan terkait barang-barang yang akan menjadi miliknya.

Orangtua sebaiknya tidak memaksakan pilihannya kepada si anak. Jika si anak memilih sendiri jam tangan yang disukainya, dia akan dengan senang hati memakainya setiap hari. Tentu akan berbeda jika dipilihkan oleh orangtuanya.

Nah, itulah 5 tips memilih jam tangan anak yang bisa Anda ikuti. Terapkan kelima tips tersebut dalam memilih jam tangan untuk anak. Agar lebih mudah, ajak sekalian buah hati Anda ketika hendak membeli jam tangan ini dan libatkan anak saat memilih jam tangan. Dengan demikian, pertimbangan tidak hanya dari sisi orangtua namun juga dari sisi si anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *